Jumat, 07 Oktober 2011

KEUTAMAAN ILMU

KEUTAMAAN ILMU

AL-HIRA’ MA GONDAN PP AL-ANWAR II SARANG
Allah Subhanahu Wata'ala berfirman:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آَمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ
Artinya :
Hai orang-orng beriman apabila di katakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah kalian dalam majlis". Maka lapangkanlah untukmu . apabila dikatakan : berdirilah kamu " , maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang yang di beri ilmu pengetahuan beberapa derajat dan Allah maha mengetahuai apa yang kamu kerjakan . ( QS. Al- Mujadalah : 11 )
Mengenal beberapa makna sebagai mufrodat
يرفع الله
"Allah meninggikan " maknanya Allah mengangkat , yaitu mengangkat kaum mu'minin di atas selain kaum dan mengangkat orang yang berilmu di atas orang yang tidak berilmu.
أوتوا العلم
" Orang-orang yang berilmu dalam ayat ini adalah ilmu syar'i, sebab dengan Nyalah seseorang akan mendapatkan keterangan dalam mengamalkan agamanya berdasarkan tuntutan Allah dan RosulNya.
درجات
"Beberapa derajat " . Al imam al qurtubi rohimahullah berkata : yaitu derajat di dalam agama ketika mereka melaksanakan apa yang di perintahkan.
Tafsir Ayat
Ayat Allah Subhanu Wata'ala yang mulia ini menjelaskan keutamaan para ahli ilmu dan orang -orang yang senantiasa menuntut ilmu agama . Di samping karena keimanan yang mereka miliki , mereka juga di angkat kedudukannya oleh Allah karena bertambahnya ilmu agama mereka yang menjadikannya semakin jauh dari kejahilan dan mendekatkan kepada keridhaan Allah Subhanahu wata'ala .
Berikut beberapa penafsiran para ulama tentang tafsir ayat ini :
Al imam ibnu jabir ath-Thobari rahimullah berkata: "Allah Subhanahu Wata'ala mengangkat kaum mukminin dari kalian wahai kaum dengan ketaatan mereka kepada Rabb mereka, maka (mereka taat) kepada apa yang di perintahkan kepada mereka untuk melapangkan (majlis) ketika mereka di perintahkan untuk melapangkannya , Atau mereka bangkit menuju kebaikan apabila di perintahkan mereka untuk bangkit kepadanya , Dan dengan keutamaan ilmu yang mereka miliki , Allah Subhanahu wata'ala mengangkat derajat orang-orang yang dari ahlul imam (kaum mukminin) di atas kaum mukminin yang tidak di beri ilmu , jika mereka mengamalkan apa yang mereka di perintahkan " Lalu beliau menukilkan beberapa perkataan ulama salaf. Diantaranya Qataddah rahimullah, beliau berkata :"sesungguhnya dengan ilmu pemiliknya memiliki keutamaan . Sesungguhnya dengan ilmu memiliki hak atas pemiliknya . dan hak ilmu terhadap kamu, wahai seorang alim adalah keutamaan . Dan Allah memberikan kepada setiap pemilik keutamaannya ."( Tafsir Ath Thabari juz 28 hal 19 )
Antara ilmu dan ibadah menurut ilmu juga merupakan jenis ibadah yang memiliki nilai kedudukan yang lebih tinggi dibandingkan jenis ibadah lainnya. Sebagaimana yang telah di sabdakan oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam :
فضل العلم خير من فضل العبادعة وملاك الدين الورع
Keutamaan ilmu lebih baik dari keutamaan ibadah , dan kunci agama adalah bersikap wara' ( meninggalkan sesuatu yang di khawatirkan memudhorotkan di akhirat . ( di riwayatkan oleh al bazzar.abu nu'man .al-hakim dll. Dari hadist mudhoifah ibnul yaman. Juha diriwayatkan oleh ibnu abi syaibah dari qois bin ‘Amr al - muta'i, dishohihkan al-atbani dalam dhohih al - jami' no 4214 . Lihat pula shohih jami' bayan al- Umi wa fadhlihi no 27 )
Hadist ini menjelaskan demikian mulianya ilmu dan penuntutan ilmu. Ini disebabkan karena seseorang yang berilmu kemudian mengajarkan ilmunya. mendakwahkannya hingga Allah memberikan hidayah kepada orang lain dengan sebab dakwahnya, maka menjadi salah satu amal jariyah baginya selama ada yang mengamalkan ilmunya tersebut, maka dia akan terus mendapatkan pahala dari Allah SWT walaupun dia telah meninggal . Berbeda dengan orang yang mengerjakan shalat sunnah dan semisalnya. Tidak ada yang merasakan manfa'aatnya kecuali hanya dirinya sendiri .
Ishaq bin mansur rahimahullah berkata:" Aku bertanya pada al imam ahmad tentang perkataan nya : mudzakaroh ( mengulang-ulangi ) ilmu pada sebagian malam lebih aku senangi dari pada menghidupkannya ( dengan qiyamullail ) . Ilmu apakah yang dimaksud ? " Beliau menjawab: " Yaitu ilmu yang memberi manfaat yang memberi manfaat pada manusia dalam perkara agamanya, aku bertanya lagi : " Dalam hal ( cara ) berwudhu , shalat, haji. thalak dan semisalnya?" Beliau menjawab:" ya" ( shahih jami' al -bayan 30 -45)
Dan berkata pula Rabi' bin sulaimn al muradhi : al imam Asy-Syafi'i rahimahullah berkata
طلب العلم افضل من الصلاة النافلة
" Menuntut ilmu lebih utama dari pada shalat sunnnah." ( shahih jami' al bayan 31/48) . sufyan ats tsauri rahimahukkah berkata: " aku tidak mengetahui ada satu ibasah yang lebih afdhol dari pada seseorang yang mempelajari ilmu " ( Shohih jamo' al bayan 46/78)................
Tausyiyyah dari KH UBAB MAEMON ZUBAER

ALFIYAH

Muqodimah

‘Bismillahir rohmanir rohim’
Dengan membaca kalimat sukur kepada alloh yang maha gopur,solawat serta salam kami curahkan kepada nabi akhir jaman, paduka kanjeng nabi muhammad saw,beserta keluarga,sohabatnya ‘amin.
Dengan ini kami menyatakan terima kasih kepada insan yg telah masuk pada web ini. kami adalah insan yg doif yg hanya ingin membantu menyiarkan agama islam dg cara pilsafat nadzom alfiyah,sehubungan dg itu kami minta ma’af yg sebesar-besarnya kalau saja nanti dalam teks ada yg tidak sesuai dg isarah,nisob atau hal.
“Kami siap untuk menerima komentar anda”.
* Qola muhammadun Huab nu maliki…..¤ dst.

– Alangkah baiknya bila seorang insan mempunyai keunggulan,baik dipuji maupun tidak hendaklah mengatakan ahmad. Apa itu ahmad?
Ahmad adalah :
- membaca alhamdulillah,
- melaksanakan sholat,puasa,sukuran,sodaqoh.
- hati yg serba ingat alloh {i’tiqodul jazim}.
kepada siapa itu semua kita haturkan? tentu saja pada sang kholiq {robul’alamin}.
$ : keunggulan hendaklah baca hamdallah ® tambahlah ni’mat yg kan diberikan alloh.
Apa itu sholat? Ibnu maliq berkata :
* musholiyan alan nabiyil musthofa…..¤ dst.

– sholat adalah do’a,yg wajib kita laksanakan dalam sehari semalam 5 waktu.setelah sholat kita di anjurkan berdizir ke pada alloh serta membaca sholawat pada nabi kita dan jangan lupa kepada keluarganya {iyakum washolatal bathor}.
ada pepatah mengatakan “membaca shotawat itu tandanya tashdiq,mahabbah,ta’dim.shauqon,yg nantinya kita di alam ukhrowi ingsha alloh akan mendapatkan syafa’at beliau ‘amin. Serta di alam dun’yawi kita bisa menjadi orang yg mustakmilin, yg mana buahnya asshuropa.apa itu asshurofa?
- saadah pid dun’ya
- saadatul maut
- saadah pil akhiroh.
$ : laksanakan ibadah kepada alloh ® sholawat kepada nabi utusannya.
Apa semua itu kita bisa dapatkan? tentu saja Bisa…gimana caranya? Ibnu malik berkata :
* wa’astainulloha pi alfiyah…..¤ dst.

-tiada cara lagi kecuali kita harus minta pertolongan (ber do’a) kepada alloh disertai dg ikhlas,amal dan sungguh-sungguh. hendaklah kita semua minta tolong kepadanya dg minta hidayat,taufiq dan irsyadiyah mintalah semuanya,karna apa? Karna Dapat Hidayah belum tentu bisa menjalankan taufiq,bila mana hidayah dan taufiq sudah
Di dapatkan maka irsyadiyah pun akan di dapat.apa itu irsyadiyah?
‘Irsyadiyah adalah bisa membedakan hak dan batal,ada pepatah mengatakan gunung yg besar bisa kita tembus angsalkan dg jiddan (sungguh-sungguh) {kemauan yg keras}.
Apa ada yg lebih ringan dari pada itu?
‘Oh,,,oh,,oh, sholat aja yg khushu,karna di dalam sholat sudah ada semuanya.
$ : berdo’a kepada alloh sang pencipta ® taufiq hidayah itu yg utama.
Apa do’a kita akan di izabah? Ibnu malik berkata :
*Tuqoribul alaqsho bilafdin mujazi…..¤ dst.

– ‘Pasti… Semua doa akan di izabah,manung ada yg kontan dan ada pula yg milang-milang kemaslahatan kita {tolaq bala’i}.
Alloh berfirman : kami akan men’izabah doa kalian dg kontan namung di tempat-tempat yang khusus dan anggahota yg bersih,
dimana tempat yg khusus itu?
‘diantaranya :
- berdoa di depan ka’bah (masjid alharom)
- masjid nabawi
- setiap ba’da sholat
- akhir khutbah pertama (pada sholat jum’atan).dll
Karna sesungguhnya Alloh maha pengasih lagi maha penyayang.
$ : Mendekatkan diri kita kepadanya ® Dengan ahlaqul karimah rosululloh.

* wataqtadi ridzon bigoiri sukhthi…..¤ dst.
-Karna semua perbuatan kita yg di dasari dg adanya hidayah,taufiq…kita sumua akan di rido’i alloh dengan hidup sejahtera.
$ : Alloh ridho bila orang tua ridho ® beramal sholeh maka insan pun ridho.
Aduh,gimana ya, aku kan banyak berbuat dosa,alloh masih mau mengampuni aku gak ya? ‘Ibnu malik berkata :
* wahwa bisabqin ha’izun tafdila…..¤ dst.
– meskipun dosa kamu melebihi sebesar gunung ukhud,alloh meloberkan ampunannya bagaikan budah lautan.alloh akan mengampuni dosa kamu angsalkan benar-benar berthaubat(janji akan menjauhinya {tidak akan mengulanginya lagi}.
$ : guru kita mengajarkan kehidupan ® maka pantas mendapatkan ke unggulan.

Ingatlah friends dun’ya akan musnah, sesunggunya hidup Kita di akhirat ditentukan dari sekarang.
di alam kubur, kita tiada yg nemenin,kecuali amal sholeh,di alam mashar yg begitu panas menyengat {dg 7 matahari yg tinggi nya sekitar satu tumbak} tiada yg meneduhi kita….air setetes pun tidak ada, yg ada hanyalah bingung,panas, brisik mendengar suara api neraka…kakek,nenek,ibu,ayah,sodara/i,suami,istri,anak,semua orang tidak ada yg memperdulikan kita,hanya amal sholeh dan sapa’at rusululloh saw yg bisa menyelamatkan kita. maka dg itu ibnu malik berkata :
* wallohu yaqdhi bihibati wapiroh….¤ dst.

-alloh akan menimbang perbuatan kita.
kita sendiri yg akan menentukan hidup kita diakherat nanti, apakah kita masuk neraka atau surga{padhol alloh} dg hidup yg kekal(abadi).
Semua itu kita yang menentukannya dari sekarang….
Oleh karna itu berbuat amal sholeh lah kita semua.minta ma’af lah kepada orang-orang yg di sekeliling kita,terutama pada guru,ortu.gimana kalau orangnya sudah gak ada? Maka do’akan lah mereka, kunjungi sodara-sodaranya(minta ikhlaskan mereka). minta lah kepada alloh supaya kita bagja di dun’ya dan akhirat. muga-muga kita semua mendapatkan ridho alloh “AMIN YA ALLOH YA ROBBAL ALAMIN”
$ : muga alloh memberikan rohmatnya ® keridoan pada semua umatnya.
Mu’rob mabni

Mu’rob = perubahan.
Mabni =
ketetapan hati {iman}.
‘Derajat yg tinggi di dapatkn pda perubahan & iman.
‘Tidak akan mendapatkn suatu paidah, bila tidak adany mu’rob mabni.oleh karna itu ibnu malik berkata :

* wal ismu minhu mu’robun wamabni….¤ dst.

– perubahan di dapat :
- belajar
- lingkungan baik.
Sedangkan ketetapan di dapat :
- juhud/uzlah
- do’a
‘Manusia yg berubah karna kebaikan,akan menjadi mabni (tetap hatiny) bila :
- 1 pedoman(alqur’an,alhadist)
- adnya iman,
- patuh pada pendirian ny
- adanya ulama yg membingbing.

$ : Derajat manusia itu ada dua ®
Perubahan ketetapan yg pertama.
Seperti yg ibnu malik katakan :
* kasyabahil wad’iyi pis mai ji tana….¤ dst.

– bila semuanya telah di dapat ingsya alloh akan tetap iman.
‘pada dasar apa, insan harus mempunyai keyakinan(iman)? Ketika manusia merasa dirinya lemah,artinya kalau kita tidak makan minum,maka kita akan mati {syariatnya}.semua anggahota badan kita,tumbuhan,hewan dll, ada manfa’atnya.siapa yg menciptakan itu semua? Jawaban nya dia akan cari sendiri. ”Seperti qisah nabi ibrahim AS”.
Lama2 ibrahim menemukn tuhan yg tidak akan mati, yg di namai alloh yg artinya pangeran yg sugih dari semua perkara.nabi muhammad saw,musa AS,isa AS,ibrahim AS semua rosul yg 25 serta nabi yg tidak terhitung jumlahny itu semua adalah utusan alloh swt. untuk mengajak umatnya ke jalan yang benar(jalan yg di rido’i alloh). oleh karna itu berbondong2 lah kalian ke tempat ilmu(ji’tana).
”Kembali ke permsalahan !
‘Dhomir akan mencari perobahan yg di kehendaki nya(mabni).
Hati kita penuhi dg ma’na-ma’na yg baik(dzikir).
$ : Ketetapan domir yg paling utama ® dg dasar hati yg menyimpan ma’na.
Selain itu ibnu malik juga berkata :
* Wakaniya batin anil pi’lin bila…..¤ dst.
– jagalah prilaku kita jangan terbawa oleh pergaulan bebas(syaitan).karna sekarang banyak pergaulan kafir yg masuk ke negara kita. ta’atilah alqu’an,turutilah ulama.dengan adanya pedoman kitab serta bingbingan guru, kita akan selamat(mabni){ 1 iman}.
$ : Tidak terpengaruh pda siapa pun ® bingbingan guru serta pedoman qur’an.
* Wamu’robul asma’i ma qod salima…..¤ dst.

– kederajatan manusia d sisi alloh,tidak akan berhasil bila adany prilaku syaitan yg kita
turuti = isim tidak akan mu’rob bila menyerupai harap,artiny bergaul boleh, tapi harus ada batasan ny supaya tidak terjerumus. Segala sesuatu yg menyimpang berhak di betulkan. Ingat setiap mu’min mempenyai musuh :
- mu’min yg hasud (susah apabila orang lain senang,aksan)
- munafiq yg membenci
- kafir yg ingin mumbunuh,baik politik, ekonomi,dll
- nafsu diriny sendiri.sumua itu d de2ngkoti oleh syetan.
$ : hamba alloh kan menjauhi larangan ® segala perintah akan di jalan kan.
* Wapi’lu amrin wamudiyyin buniya…..¤ dst.

– ”ulama harus ber ulang2 mengajarkn umatny supaya tetap akalnya(pi’il amar).
”ibadah harus istiqomah supaya sempurna.(pi’il madi).karna Pekerjaan mulia yg sedang kita lakukan,pasti ada coba’an nya,
$ : Pekerjaan harus ada patokan ® dg dasar istiqomah dikerjakan.
seperti yg ibnu malik katakan :
* min nuni taukidin mubasyirin wamin….. ¤ dst.

– mudlore mu’rob,bila tidak ada nun taukid yg muttashil(memperkuat). Artiny amal sholeh yg kita perbuat akan bermamfa’at ji kalau tidak ada yg merusak,insan yg sedang belajar akan putus bila tergoda, apa yg merusak amal soleh kita ?
- Napsu diriny sendiri
- perempuan.
Karna galib ny perempuan suka mengoda.tapi terkadang adanya nasihat cinta dan nasihat ortu,guru yg membingbing kita kan berhasil merubah hidup kita menjadi lebih baik{nun taukid yg munfashil}. Dengan dasar adanya semangat mereka.
$ : Perobahan hidup harus didapatkan ® dengan cara menjauhi lalaran.
* Wakulu harpi mustahikun lil bina…..¤ dst.

– manusia wajib mengeluarkan zakat bila udah nishob(memenuhi persyaratan). kepada siapa kita harus memberikan zakat?kepada asnap yg 8, andaikan ada asnap,belum tangtu adanya zakat.tapi bila ada zakat pasti akan ada asnap.tiba-tiba ada mabni kita berikan hukum mabni pada harap seperti memberikan zakat kepada asnap,bukan ke semua orang, tapi kepada mustahiqnya. Mustahiq jakat ada 8 :
- paqir
- miskin
- gojin
- amil(insan yg membagikan zakat)
- abid,amat
- insan yg mendirikan islam
- gorim
- mualaf.
Syarat wajib Zakat :
‘uang bila udah punya 1 juta wajib mengeluarkan 25000.
‘ pertanian udah dapat 1 ton wajib mengeluarkan 1 kintal.
‘emas
Bila manusia udah mengeluarkan zakatnya tapi tidak rata(semua mustahiq tidak mendapatkan sama) maka itu hukumnya syad.
$ : berikan lah zakat pada mustahiqnya ® serta niat, dg tata cara nya.
Seperti yg ibnu maliq katakan :
* Waminhu du fathin wadu kasrin wadom….¤ dst.
– pada dasarnya mu’rob itu harkat,sedangkan mabni sukun. Artinya orang membagikan zakat tapi mustahiq tidak mendapatkan sama.maka itu hukum nya syad{puru}.itu bukan masalah besar,yg penting kita udah melaksanakan kewajiban kita.
$ : dahulukan paqir miskin yg pertama ® selanjutnya maka terserah anda.
* war rof’a wan nashbaj ‘alan i’roba….¤ dst.

– probahan global,ada 2 macam
1.terlihat ( dhomah,pathah dll )
2.tersembunyi ( rofa,nashob dll ).
”Kedudukan(drajat)dan prilaku(perbuatan) pasti ada sifat kemashuran(pangkat)dan sombong(putus) ‘seperti adanya isim,pi’il pasti bisa rofa dan nashob.
$ : pangkat manusia itu ada dua ® kesenangan kesusahan yg ke dua.
oleh karna itu ibnu maliq berkata :
* Jarron wan nasban ba’da pathin qod ulif.
– ‘gimana cara mendapatkan kebagja’an itu? Dg adanya ilmu syareat agama kita bisa bagja.ada pepatah mengatakan ilmu adalah obor di tengah kegelapan.tapi itu tidak gampang friend’s, serba membutuhkan dukungan global. seperti mutsana dg alif dlm semua probahannya.itu semua tidak akan terwujud bila tidak ada dukungan para ulama.
$ : ikhtilap ulama dg bijaksana ® carilah ilmu dg sebanyak-benyaknya.
* warfa biwawin wabiyaj rur wansibi ….¤dst.
– sumua laki-laki di tugaskan untuk mencari napkah(ibadah). Seperti jama mudakar mencari wau,nun.serta mendidik anak istrinya ke jalan alloh.
$ : suami pemimpin anak istrinya ® dg ketentuan dan syarat-syaratnya.
Gimana kalau anak istrinya melanggar maka durhaka lah mereka(sad)seperti yg ibnu malik katakan :
* wasyibhi daini wabihi isruna….¤dst.
Alkalamu wama yata’alapu munhu

Semua perkara yg kita perbuat pasti akan ada balasan nya,baik itu bagus maupun tidak.kalau pingin bagus ya perbuat lah akhlaqul karimah.akhlaqul karimah :
- Dhohir(terlihat)
- batin(tersembunyi)
apa itu ahlaqul karimah? ibnu malik berkata :
* kalamuna lafdun mupidun kastaqim….¤ dst.

– perbuatan yg ada mamfaat dan hikmahnya. ‘Dhohir = mamfaat ke pada orang lain
‘Batin = mamfaat untuk diri kita sendiri bahkan bisa ke orang lain(umum).
Mencontoh Kepada siapakah kita harus berakhlaqul karimah tersebut? Ya tentu saja pada
Nabi kita muhammad saw.
Akhlaqul karimah yg batin itu seperti apa sih?
-isim (Dzikir,membaca alqur’an,rendah diri)
-pi’il(sholat,shodaqoh,sukuran)
-harap(niat yg ikhlas).
Kalau yg dhohir seperti apa? Banyak,di antaranya :
- menghormati semua orang
- bicara yg sopan(lemah lembut)
- mengajak semua orang untuk perbuat baik,dg istiqomah,dll.
itu semua conto kanjeng rosul yg harus kita laksanakan.
$ : Dengan akhlaq rosul yg paling mulia ® isim pi’il harap itu lah tandanya.
*wahiduhu kalimatun walqaulu am…..¤dst.

-Satu juz saja dari ahklaqur karimah yang kita perbuat,itu juga sudah menjadi perkara yang luar biasa,,,alhamdu lillah {taufiq},
apalagi kalau semuanya.
Apa ada dzikir yg paling bagus?
pada dasarnya zdikir itu semuanya bagus,namung ada yg lebih unggul yaitu kalimatul ihlas(la ilaha illalloh) yg berma’na :
-hayyul maujud
-hayyul ma’bud
-hayyul baqi.
$ : satu perbuatan udah jadi ibadah ® perbanyak dzikir la ilaha illalloh.
Ada pepatah mengatakan, kalau mau mendapatkan derajat yg tinggi,,,maka perbanyak lah dzikir,kenapa harus dzikir? Ibnu malik berkata :
* biljari wat tanwini wan nida wa’al….¤ dst.

– isim (derajat) yg tinggi bisa kita dapatkan :
- jer = dg tenduk dan tawadlu (takholi) hilangkan persepsi negatif yg ada dalam otak dan hati.
- tanwin = niat yg benar mencari ridlo alloh(tahalli) hiasi dg watak yg baik.
– nida (berdzikir).
– Al = sebagai ciri kema’rifatan (berfikir).
– musnad ilahi (pail/mubtada) sebagai pelaku,amal yg nyata,tidak hanya sebagai retorika atau pengalaman tapi pengamalan. Tidak beda dg haji,ihrom,towaf,sa’i,tahallul,wukuf dan melempar jumroh.dimana tempat terakhir dari tahallul adalah gunung sofa/mina(muna). Artinya barang siapa ingin meraih cita-cita luhur(mana) maja iya harus ihrom(jer).kemudian thowap merupakan lambang perbuatan (tanwin).sai lambang beramal, berpikir dan dzikir(musnad ilahi,al dan nida)
$ : kehormatan di dapat dg tawadlu ® Dzikir pikir amal nyata niat khusyu.
* bita pa’alta wa’atat wayap’ali…..¤ dst.

– alqur’an(ilmu) adalah pedoman semua umat,yg wajib kita suprih(pelajari,amalkan){pa’alta}.tanpa terkecuali semua wajib mempelajari,membacanya,baik itu lisan maupun dalam hati {wa’atat}.alangkah baiknya tau pada artinya,karna dalam ma’nanya menyimpan pedoman-pedoman kehidupan {aqbilanna}.
gimana cara menghartikan nya so,,, aku gak bisa?
Makanya kita di wajibkan mempelajari alqur’an(pardu a’in hukumnya) {tidak akan gugur dosa semua umat bila mana yg mengerjakan nya satu/lebih banyak} yg artinya semua orang wajib mempelajarinya.
Dimana kita harus mempelajari alqur’an?dimana saja terserah anda,yg penting ada guru yg membingbing kita.ada pepatah mengatakan : barang siapa belajar tanpa petunjuk guru di kewatirkan gurunya adalah syaitan.
Bila mana kita mengerjakan amal sholeh, tanpa di dasari dg adanya ilmu, tidak akan menjadi amal sholeh.
$ : Ilmu wajib bagi kita pelajari ® dengan ilmu bisa menghadap ilahi.
Udah isim,pi’il. yg kita perbuat,tidak akan sempurna tanpa adanya harap. Apa itu harap? Ibnu malik berkata :
* Siwa humal harpu kahal wapi walam…..¤ dst.

– Segala perbuatan harus ada ke ikhlasan(kunci dari semuanya).
Ikhlas :
- Adanya dalam hati (pi).
- bisa memperbaiki hati(lam).
- ikhlas tapi ada unsur lain(akan jadi iklas, namung tidak akan mendapat ganjaran){hal}.
Ada pepatah mengatakan ”Perbuatan yg bagus adalah perbuatan yg adanya perobahan(sekarang bagus besok lebih bagus){mudlore}.
$ : ke ikhlasan di dapat dg tawadlo ® amal sholeh,yg akan mendapat ridlo.
* Wamadiyal ap’ali bita miz wasim…..¤ dst.

– pi’il madi (pekerkaja’an yg udah kita laksanakan) tidak akan ada hasilnya bila tidak ada ciri(niat,ikhlas,panjangnya waktu yg kita berbuat){istiqomah}.
Pi’il amar = tidak akan di turuti perintah ulama kalau tidak ada dalil alqur’an/hadist.
$ : perbuatan akan ada manpa’atnya ® istiqomah, qur’an adalah dalilnya.
Gimana kalou tidak ada hadistnya? maka gunakan lah izma,qias ulama. Ibnu malik berkata :
* Wal amru illamyaku linuni mahal….¤ dst.

– kita tidak menemukan dalil alqur’an,hadis yang kita serukan pada umat. Maka yg kita pilih adalah izma,qias ulama {persamaan dari hadist} seperti, bila anak kita baru lahir,di usahakan pertama yg dia dengar adalah suara adzan supaya anaknya sholeh, sholehah. Manusia mati di anjurkan sebelum di kubur hendaklah di serukan suara adzan{di qias kan pada waktu di lahirkan}.
Pi’il amar = Atasan,pimpinan {persiden} memberikan perintah kepada bawahan nya, itu juga harus ada tujuan,supaya tau yg di kerkajan bawahannya itu akan bermanfa’at.
$ : perintah pimpinan harus kita turut ® angsalkan ada dalil penuh manfa’at.

* wal ismu qod khusisho bil jari kama…..¤ dst.
– kepangkatan seseorang harus di dasari tawadlo(rendah diri) Artinya insan akan di mulyakan alloh bila tawadlo,adanya taqwa.

‘pekerjaan harus di dasari murah senyum(tidak sombong,tidak adanya tekanan) Artinya segala permasalah akan selesai bila semua mendukung.tiba-tida ada jer,kita berikan jer khusus masuk pada isim,jazem khusus pada pi’il.bagaikan tawadlo pasti pada Orang yg berilmu,memutuskan sesuatu pasti adanya permasalahan.
$ : kemulya’an dapatkan lah rendah diri ® sifat adil di tangtukan pada pi’il.
Seperti yg ibnu malik katakan :
* parfa’,bidlomin wansiban pathan,wajur…..¤dst.
– sipat mulya dg dlomah,sipat pema’af dg patah,sipat rendah diri dg jer,sipat santai memutuskan masalah dg sukun. Artinya kewibawaan yg tinggi tidak lepas dg baik hati, {mulya}. ‘sifat penutup dg pema’af tidak lepas dg menutupi yg udah di lakukan(tidak menceritakan nya lagi). ‘sifat taqwa(dermawan) dg tawadlo.
$ : sipat rofa nashob jer serta jazem ® mulya pema’af tawadlo bijak sana.
Serta :
* wajzim bitaskinin wagoiru madukir….¤ dst.

– terakhir sifat jazem = metuskan masalah dg bijaksana(adil).
Itu semua adalah perobahan global yg harus kita miliki dalam dhohir dan batin.apa keuntungan nya(buah nya)? ‘banyak diantaranya :
- orang-orang akan pada datang untuk silatur rohmi. apa ada sifat-sifat yg lain? ‘Ada. Namung yg itu di namai probahan indifidu dg adanya kemau’an masing-masing, guna untuk menyempurnakan perubahan baik kita,yg di rido’i alloh swt.
$ : sifat-sifat mahmudah yg di perbuat ® niscaya insan mendapatkan mamfa’at.
Apa sifat indipidu itu? Ibnu malik berkata :
* warfa biwawin wansibanna bialif….¤ dst.
– sifat indipidu adalah sifat yg bermanfaat pada diri kita sendiri.seperti Asma’ul khomsah.semua asma’ul khomsah turut pada ulama-ulama terdahulu(munasabah){menyerupai pada hurup sebelumnya}.
$ : turutilah ulama apa katanya ® supaya munasabah pada hukumnya{alloh}.
Selain itu ibnu malik juga berkata :
* Mindaka duin suhbatan abana…..¤ dst.

– syarat duu’ = mu’rob,nakiroh mabni,domah, ashohib dan jinis. Artinya semua Probahan indifidu yg tetap pada satu keyakinan yg luhur di dasari dg ilmu yg bersandar pada kitab. Itu semua tanda-tanda diri kita supaya tidak terjerumus pada pergaulan akhir jaman(harus seperti duu’ tetap pada pendiriannya).jauhi kema’siyatan
Seperti pam menghikangkan mimnya.
$ : jangan terjerumus pada kesalahan ® seperti duu’ sim sitah tetap bertahan.
* Abun akhun hamun kadaka wahamu…¤ dst.

- ayah,sodara,paman harus kita beri harkat itmam. Artinya perintah baik, orang tua kita harus kita turut,seperti abun dg harokat itmam.
Gimana kalau memerintah yg tidak ada faidahnya? maka kita beri qoshor(di lakukan atau tidak terserah anda)tapi alangkah baiknya dilakukan supaya kita tambah pengalaman. gimana kalau merintah pada kema’siatan? ya harus kita jauhi.seperti abun menjauhi nuqus.tiba-tiba ada hanu, Apa itu hanu? ‘benda yg tidak layak di bicarakan tapi di ceritakan juga tidak akan dosa maka kita berikan nuqus.tapi usahakan kita berbicara yg ada mamfa’atnya seperti hanu dg harokat itmam.
$ : ortu,sodara tetap membing-bing kita ® pada kebaikan,kehidupan kita.
* wapi abin wata liyai yanduru….¤dst.
– gimana kalau ortu,guru memerintah kebaikan tapi kita mendiamkannya. ya itu hukumnya nadzir,seperti abun dg harkat nuqus.apa lagi kalau membantah hukumnya jadi dosa. lebih baik kita lakukan lah semampu kita, harusnya sih usahakan harus qoshor supaya ada ta’dim.ya namanya juga taufiq susah menjalankan.
$ : keta’diman kepada guru mulia ® karna guru melebihi orang tua.
* wasartu dal i’robi anyudop nala…..¤ dst.

– syaratnya asma’ul khomsah :
- idopat,muprod,mukabar.kita berikan pada insan yg menuntut ilmu dg cra :
- bersandar pada guru(idzofat),jangan ikuti hawa nafsu kita(idzofat pada ya mutakalim).
- harus punya cita-cita tinggi(mukabar) artinya tidak boleh setengah-setengah/harapan kecil.
- kemau’an sendiri(mufrod).
$ : idlofat mukabar,muprod syaratnya ® cita-cita sendiri,jaga nafsunya.
* bialipir fail mustanna wakila….¤ dst.

– semua makhluq membutuhkn pasanganny(mutsana).itu semua udah di atur oleh alloh swt. ”Perkara apa yg dah di atur alloh? ‘semua kehidupan udah di atur olehny,baik itu benar,buruk,mamfa’at atau tidak. karna apa? Krna makhluq tidak sempurna.yg sempurna hanyalah alloh yg menciptaKan kita.
”makhluq tidak boleh memikirkan rizqi dan mati,karna rizqi & mati udah di tentukn alloh.yg harus kita pikirkan,lakukan adalah mencari bekal untuk di akhirat nanti apakah kita akan bagza atau celaka{surga,neraka}.seperti mutsana yg mencari alip dan nun untuk merobah prilakuny & itu berhasil.
$ : Makhuq di ciptakan dg pasangnnya ® serta saling membutuhkan ke duanya.
Kenapa rizqi tidak bleh di pikirkan? Karna rizqi dah di atur alloh,tpi tetap kita harus berikhtiyar bila mana udah kita butuhkan(wajib aridi) dg alasan ntuk melaksanakan ibadah.jngan sekedar mencari keuntungan dun’yawi semata.dan tu juga harus ada patokan sperti yg ibnu malik katakan :
* kilta kadakas nani was natani….¤ dst.
– patokanny harus benar2 ntuk ibadah.sperti kila & kilta jadiny mustana harus idopat pda isim dhomir(akherat) jngan idopat pda dohir(pujian orang).
$ : rizqi dan pati udah ditentukan nya ® seperti mulhaq dg sarat2nya.
Karna apa? ibnu malik berkata :
* watahlupul ya pi jami’ihal alip….¤ dst.

Rabu, 18 Mei 2011

TAH IEU NADZHOMAN ‘AQOID IMAN NU 50 TEH, DI LAYANKEUN SAREUNG HARTOS NA. PAMUGI CING BERKAH KANU NGARAOS NA. AAMIIN.
BISMILLAH NGAWITAN LISAN#
REK NYEUBARKEUN KATUHANAN.
GUSTI ALLOH PANJEUNEUNGAN#
KAWEUNTAR TUR ASIH PISAN.
ALHAMDULILLH PAMUJI#
KA GUSTI ALLOH SAHIJI.
RAHMAT SALAM KAJENG NABI#
OGE SINARENG ASHABI.
AMMA BA’DU SABA’DA NA#
URANG TEH WAJIB TERANG NA.
KA GUSTI ALLOH SIFAT NA#
NU WAJIB JEUNG NU MUHAL NA.
DUA PULUH NU WAJIB NA#
DUA PULUH NU MUHAL NA.
NGAN HIJI SIFAT WEUNANG NA#
PAT PULUH HIJI JUMLAH NA.
DINA IEU ELMU USHUL#
TAMBA BINGUNG OSOK NGU’UL.
OPAT NU WAJIB DI RUSUL#
OPAT NU MUHAL ULAH CUL.
NU WEUNANG NA HIJI BAE#
SANAOS DI RUSUL OGE.
TAFSIR NA ENGKE PEURLENTE#
NGAOSNA SING SAE-SAE.
‘AQOID IMAN KA ALLOH TA’ALA SIFAT NU WAJIB SAREUNG NU MUHAL NA:
  1. HIJI WAJIB WUJUD # MUHAL ALLOH ‘ADAM
HARTOSNA ALLOH AYA # MUSTAHIL ALLOH TEU AYA
  1. DUA WAJIB QIDAM # MUHAL ALLOH HUDUTS
HARTOSNA ALLOH TIHEULA # MUSTAHIL AYA ANYAR NA
  1. TILU WAJIB BAQO # MUHAL ALLOH FANA
HARTOSNA ALLOH LANGGEUNG # MUSTAHIL AYA RUKSAK NA
  1. OPAT  WAJIB MUKHO # LAFATU LIL HAWADITSI
MUHAL ALLOH ETA # ANU MUMATSALAH
HARTOSNA ALLOH BEDA # JEUNG SAKABEH NU ANYAR
MUSTAHIL ALLOH ETA # SARUA REUJEUNG NU ANYAR
  1. LIMA WAJIB QIYA MUHU BI NAFSIHI # MUHAL ALLOH ETA IHTIYAJ BI GHOIRIHI
HARTOSNA ALLOH NGADEUG # KALAWAN DZAT ANJEUN NA
MUSTAHIL ALLOH BUTUH # KANA DZAT LIYAN NA
  1. GEUNEUP WAHDANIYAT # MUHAL TA’ADUDAAT
HARTOSNA ALLOH NUNGGAL # MUSTAHIL NU BINGBILANGAN
  1. TUJUH WAJIB QUDROT # MUHAL ALLOH ‘AJAZAH
HARTOSNA ALLOH KAWASA # MUSTAHIL AYA APEUS NA
  1. DALAPAN WAJIB IRODAT # MUHAL ALLOH KAROHAH
HARTOSNA ALLOH KEURSA # MUSTAHIL ALLOH KAPAKSA
  1. SALAPAN WAJIB ‘ILMU # MUHAL ALLOH JAAHIL
HARTOSNA ALLOH UNINGA # MUSTAHIL AYA BODO NA
  1. SAPULUH WAJIB HAYAT # MUHAL ALLOH MAOT
HARTOSNA ALLOH JUMEUNEUNG # MUSTAHIL AYA MAOT NA
  1. SABEULAS WAJIB SAMA’ # MUHAL ALLOH ASHOM
HARTOSNA ALLOH NGARUNGU # MUSTAHIL HEUNTEU NGARUNGU
  1. DUA BEULAS WAJIB BASHOR # MUHAL ALLOH A ‘MA
HARTOSNA ALLOH NINGALI # MUSTAHIL HEUNTEU NINGALI
  1. TILU BEULAS WAJIB KALAM # MUHAL ALLOH BAKAM
HARTOSNA ALLOH NGANDIKA # MUSTAHIL HEUNTEU NGANDIKA
  1. OPAT BEULAS QOWNUHU QOODIROON # MUHAL QOWNUHU ‘AJIZAN
HARTOSNA ETA ALLOH # BUKTI ANU KAWASA
MUSTAHIL ETA ALLOH # BUKTI ANU APEUS (2x)
  1. LIMA BEULAS QOWNUHU MURIDAN # MUHAL QOWNUHU KAARIHAN
HARTOSNA ETA ALLOH # BUKTI ANU KEURSA
MUSTAHIL ETA ALLOH # BUKTI ANU KAPAKSA (2x)
  1. GEUNEUP BEULAS QOWNUHU ‘ALIMAN # MUHAL QOWNUHU JAAHILAN
HARTOSNA ETA ALLOH # BUKTI ANU UNINGA
MUSTAHIL ETA ALLOH # BUKTI ANU BODO (2x)
  1. TUJUH BEULAS QOWNUHU HAYYAN # MUHAL QOWNUHU MAYYITAN
HARTOSNA ETA ALLOH # BUKTI ANU HIRUP
MUSTAHIL ETA ALLOH # BUKTI ANU MAOT(2x)
  1. DALAPAN BEULAS QOWNUHU SAMI’AN # MUHAL QOWNUHU ASHOMA
HARTOSNA ETA ALLOH # BUKTI ANU NGARUNGU
MUSTAHIL ETA ALLOH # BUKTI TEU NGARUNGU (2x)
  1. SALAPAN BEULAS QOWNUHU BASHIROON # MUHAL QOWNUHU ‘UMYAAN
HARTOSNA ETA ALLOH # BUKTI ANU NINGALI
MUSTAHIL ETA ALLOH # BUKTI TEU NINGALI (2x)
  1. DUA PULUH QOWNUHU MUTAKALLIMAAN # MUHAL QOWNUHU BUKMAAN
HARTOSNA ETA ALLOH # BUKTI ANU NGANDIKA
MUSTAHIL ETA ALLOH # BUKTI TEU NGANDIKA (2x)
‘AQOID IMAN KA ALLOH TA’ALA SIFAT NU WEUNANG NA:
ARI SIFAT ANU WEUNANG # DI GUSTI ALLOH SING TEURANG
ETA HIJI HEUNTEU MANG-MANG #ETA URANG WAJIB TEURANG
NYTANA FI’LU MUMKININ # REUJEUNG WA TARKU MUMKININ
WEUNANG ALLOH DAMEUL MUMKIN # WEUNANG TINGAL DAMEUL MUMKIN
‘AQOID IMAN KA PARA ROSUL NA ALLOH TA’ALA SIFAT ANU WAJIB SAREUNG ANU MUHAL NA:
SIFAT NU WAJIB DI RUSUL # JALMA AGUNG ANU PUNJUL
OPAT NU WAJIB NA WUNGKUL# JEUNG OPAT NU MUSTAHIL
REUJUNG HIJI NU WEUNANG NA # JUMLAH SALAPAN KABEH NA
SAKITU SIFAT-SIFAT NA NABI RUSUL SADAYANA.
HIJI WAJIB SHIDIQ # MUHAL RUSUL KIDZIB
HARTOSNA RUSUL BEUNER # MUSTAHIL RUSUL TEU BEUNER
DUA WAJIB AMANAT # MUHAL RUSUL KHIYANAT
HARTOSNA KAPEURCAYA # MUSTAHIL DI RUSUL CIDRA
TILU WAJIB TABLIGH # MUHAL RUSUL KITMAN
HARTOSNA NGADONGKAPKEUN  # MUSTAHIL RUSUL NYUMPUTKEUN
OPAT WAJIB FATHONAH # MUHAL RUSUL BALADAH
HARTOSNA RUSUL PINTEUR # MUSTAHIL AYA BEULEUT NA
‘AQOID IMAN KA PARA ROSUL NA ALLOH TA’ALA SIFAT ANU WEUNANG NA:
SIFAT NU WEUNANG DI RUSUL # HIJI A’ROD BASYARIYAH
NYAETA SIFAT KAMANU # SA AN NU TEU NGADATANGKEUN
KANA SIFAT KA KURANGAN # DINA MARTABAT NA RUSUL (2X)
JUMLAH SAKABEH ‘AQOID IMAN :
JUMLAH KABEH ‘AQOID NA # LIMA PULUH SADAYANA
SING APAL HIJI-HIJI NA # ULAH POHO SALILANA
‘AQOID NU LIMA PULUH # LAMUN CAN DI ‘ITIQODKEUN
IBADAH CAN DI TARIMA # SABAB TACAN SAH IMAN NA

Sabtu, 14 Mei 2011

Fashlun : ari ieu eta hiji fasal
Rukun Iman
Arkaanul Iimaani ;ari pirang-pirang rukun iman (eta)
Sittatun :aya geuneup
An Tu’mina Billaahi : ka hiji kudu iman anjeun ka gusti Alloh,
Wa Malaaikatihii : ka dua kudu iman anjeun ka malaikat-malaikat na Alloh,
Wa Kutubihii : ka tilu kudu iman anjeun kana kitab-kitab na Alloh,
Wa Rusulihii : ka opat kudu iman anjeun ka rosul-rosul na Alloh,
Walyaumil Aakhiri : ka lima kudu iman anjeun ka poe kiamat,
Wabilqodari : ka geuneup kudu iman anjeun kana papasten
Khoyrihi : sa sae-saena papasten.
Wasyarrihi : jeung sa awon-awon na papasten,
Minalaahi Ta’aalaa : ti gusti Alloh ta’ala..
FASAL MEURTELAKEUN RUKUN IMAN.
Jumlah rukun iman geuneup sadayana # pek tekadkeun tong sulaya salilana.
Rukun nu ka hiji iman ka Alloh na # kudu akur nu diimankeun jeung buktina.
Iman ka malaikat rukun ka dua na# ati-ati dina ucap tekad lampah na.
Rukun nu ka tilu iman kana kitab na # cing taliti lumaku hirup di dunya na.
Rukun nu ka opat iman ka rosul na # utusan nu diselir ku gusti alloh na.
Iman ka poe kiamat rukun ka lima # geura sadar kana tujuan hirup jalma
Iman kana papasten sae awon na # samudaya na anging ti gusti alloh na.
Sabar ku awon na syukur ku sae na # Tah eta rukun iman nu ka geuneup na.
Tah ieu teh sakabeh rukun iman na # nu ngesahkeun kana sagala ibadah na.

Selasa, 10 Mei 2011

kitab safinah terjemah sunda

TERJEMAHAN KITAB SAFINAH AN-NAJAH
SAFINAH AN-NAJAH 
KARANGAN SYAIKH SALIM BIN SAMIR HADROMI
MADZHAB SYAFI’I

BUBUKA
Bismillaahi : ngawaitan abdi ngaos kana ieu kitab bari ngalap berkah kalawan nyeubat pirang-pirang jeuneungan gusti alloh.
(anu sifat na gusti Alloh) Arrohmaani : anu maparinan nikmat ageung alloh di dunya ka mukmin jeung ka kafir.
(tur anu sifat na gusti Alloh) Arrohiimi : anu maparinan nikmat alit alloh di akhirat ka mukmin wungkul.
Alhamdu: ari sagala jinis puji eta tetep.
Lillaahi: khusus pikeun gusti Alloh
Robbil ‘Aalamin: anu ngurus sadaya alam.
Wabihii: sareung ka gusti Alloh wungkul.
Nasta’iinu: nyuhunkeun pitulung abdi sadaya.
‘Alaa Umuuriddunyaa: kana mang pirang-pirang urusan dunya
Waddiini: jeung pirang-pirang urusan agama.
Washollallaahu: sareung mugi-mugi nambih-nambih rohmat gusti Alloh.
Wassalalama: sareung kasalameutan.
‘Alaa Sayyidinaa: ka jungjunan urang sadaya.
Muhammadin: teuges na kanjeng nabi muhammad.
Khootaman: anu janteun panungtung.
Nabiyyiina: samudaya para nabi.
Wa Aalihii: jeung ka kulawargina kanjeng nabi.
Washohbihii: jeung ka para shohabatna kanjeng nabi.
Ajma’iina: teugesna sadayana bae.
Walaa Hawla: teu aya data upaya kanggo nyingkahan maksiat.
Walaa Quwwata: sareung teu aya kakiatan kanggo ngalakonan tho’at.
Illaa Billaahi: anging ku pitulung na gusti Alloh.
(anu sifat na gusti Alloh) al’aliyyi: anu maha luhur
(tur anu sifat na gusti Alloh) al ‘Azhiimi: anu maha agung.
FASHLUN : ARI IEU ETA HIJI FASAL
Arkaanul Islaami: ari pirang-pirang rukun islam (eta).
Khomsatun :aya lima.
Syahaadatu An Laa Ilaaha: kahiji nyaksikeun yen saeunya-eunya na teu aya pangeran anu wajib di ibadahan.
Illallaahu: anging ka gusti Alloh.
Wa Annna Muhammadan Rosuulullaahi: sareung nyaksikeun yen saeunya-eunya na kanjeng nabi Muhammad eta utusan Alloh.
Wa Iqoomushsholaati: jeung ka dua na ngadeugkeun sholat.
Wa Iitaauzzakaati: jeung ka tilu na nyumponan zakat.
Wa Shoumu Romadhoona: jeung ka opat na puasa di bulan romadhon.
Wa Hijjul Baiti: jeung ka lima na munggah haji ka baetulloh.
Man: ka jalma.
Istithoo’a:anu kawasa.
Ilaihi: kana mumnggah haji (naon).
Sabiilan: di jalan na. .
QOOLA ALFAQIIH FI NADZHIMIHI:
Ari puji nu sampurna eta tetep # kagungan alloh nu ka persifat lengkep.
Rohmat alloh mugi tetp sareung salam # di jeng nabi muhammad mustika alam.
Wa ba’duhu ieu anu di nadzhomkeun # kitab fiqih ngarah reusuep ngarapalkeun.
Mugi ieu nadzhom sing manfaat gede # kanu ngaos ka lalaki ka awewe.
FASAL MEURTELAKUEN RUKUN ISLAM.
Ari rukun islam eta aya lima na # pek arapalkeun tong poho salilana.
Rukun nu ka hiji maca syahadat na # rukun nu kadua ngadeugkeun sholat na.
Rukun nu ka tilu nyumponan zakat na # rukun nu ka opat puasa romadhon na.
Rukun nu ka lima munggah haji na # sinareung umroh ka baetulloh na.
Pikeun jalma nu kawasa di jalan na # tah ieu teh sakabeh rukun islam na.

Minggu, 24 April 2011

IEU NADZOM ‘AQOID KENGING TERJEMAH TINA KITAB TIJAN, SINAREUNG KENGING NUKIL TINA NADZOMAN ‘AQOID NA MAMA K.H ENGKING NURON IBNU K.H .MUHAMMAD DIMYATI PAMEUTINGAN BANJARAN. ANU KATAMPI KU AL-FAQIR TI PANGEURSA K.H TOHA IBNU MAMA ENJUM HEGAR SARI BANJARAN OGE KENGING NUKIL TINA NADZOMAN ‘AQOID NA PANGEURSA K.H ADANG BADRUDIN WANAYASA PURWAKARTA.

BISMILLAHIR ROHMAANIR ROHIIM.
ALHAMDULILLAHI WAHDAH. WASH-SHOLAATU WAS-SALAAMU ‘ALA MAN LAA NABIYA BA’DAH. WA LAA YUU JADUL-MAKHLUQ ILLAA BIH. WA ‘ALAA AALIHII WA ASHHAABIH.

QOOLA IBNU RUSLAN FI ZUBADIHI.

AWWALU WAA JIBIN ‘ALAL-INSANI #
MA’RIFATUL ILLHI BISTIQOONI.
PANGHEULANA ANU WAJIB KAMANUSA #
NYAHOO NU SEMBAH NGALAP DALIL BISA.
HARTINA ISTIQON BENTES TEURANGNA #
MA’ARIFAT KA ALLOH TEU AYA RUMEUK NA.
ARI JALANNA MA’RIFAT NU PERLU #
NGANYAHOKEUN HUKUM HELA ANU TILU.
HUKUM AKAL,’ADAT, HUKUM SYARA’ #
POMA PISAN NGAJI ULAH LALAWORA.

Ari fadhilah na diajar ngaji elmu tauhid dina waktu sajam eta di hampura dosa 60 tauneun. Sabab na ngaji elmu tauhid pangna kudu diheulakeun  ku sabab urang rek nyembah teh kudu teurang hela anu disembahna. Sakumaha pidawuhna alloh dina alqur’an surat alfaatihah IYYAKA NA’BUDU W IYYAKA NASTA’IIN, sareung dawuhan alloh dina surat albaqoroh ayat ka 21. YAA AYYUHANNAASU’BUDUU ROBBAKUMUL-LADZII KHOLAQOKUM WAL-LADZIINA MIN QOBLIKUM LA’ALLAKUM TAT-TAQUUN. Oge sakumaha kateurangan hadits shoheh imam muslim: FA’LAMUU AYYUHAN-NAASU LIANNAL ASHLA WAL USAASA HUWA MA’RIFATUL MA’BUDI QOBLAL ‘IBADATI.

Ari seueurna ‘aqoid iman eta aya 50 anu mana kabagi kana dua pokok:
1        AQOID IMAN KA ALLOH:
  1. 20 nu wajib di alloh.
  2. 20 nu mustahil di alloh.
  3. 1 nu weunang di alloh.
Janteun jumlah na 41.
2        AQOID IMAN KA RUSUL:
  1. 4 nu wajib di rusul.
  2. 4 nu mustahil di rusul.
  3. 1 nu weunang di rusul.
Janteun jumlah na 9.

Tah ieu nadzhoman na ‘aqoid iman nu 50 teh, di layankeun sareung hartos na.
BISMILLAH NGAWITAN LISAN#
REK NYEUBARKEUN KATUHANAN.
GUSTI ALLOH PANJEUNEUNGAN#
KAWEUNTAR TUR ASIH PISAN.
ALHAMDULILLH PAMUJI#
KA GUSTI ALLOH SAHIJI.
RAHMAT SALAM KAJENG NABI#
OGE SINARENG ASHABI.
AMMA BA’DU SABA’DA NA#
URANG TEH WAJIB TERANG NA.
KA GUSTI ALLOH SIFAT NA#
NU WAJIB JEUNG NU MUHAL NA.
DUA PULUH NU WAJIB NA#
DUA PULUH NU MUHAL NA.
NGAN HIJI SIFAT WEUNANG NA#
PAT PULUH HIJI JUMLAH NA.
DINA IEU ELMU USHUL#
TAMBA BINGUNG OSOK NGU’UL.
OPAT NU WAJIB DI RUSUL#
OPAT NU MUHAL ULAH CUL.
NU WEUNANG NA HIJI BAE#
SANAOS DI RUSUL OGE.
TAFSIR NA ENGKE PEURLENTE#
NGAOSNA SING SAE-SAE.

Jumat, 11 Februari 2011

asma baduhi

BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
ASYHADUALA ILAHA ILLALLOH WA ASYHADUANNA MUHAMMADDARROSULULLOH,
DENGAN INI AKU IJAZAHKAN KEPADA SEMUA PENGUJUNG BLOG INI DENGAN MAHAR SHOLAWAT DAN AL-FATIHAH ATAS AL-FAQIR ZAENAL ARIFIN BIN ODAS SOLIHIN. KUN FAYAKUN. ALLOHU AKBAR.
INILAH AMALANNYA:
BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
BADUHI LAAILAHAILLALLOH
TATACARA PENGAMALAN:
SHOLAT TAUBAT 2 ROKA'AT, SHOLAT HAJAT 2 ROKA'AT DAN TAWASUL LALU BACA ASMA BADUHI SEBANYAK 100X,
DIMANA SETIAP MENDAPATKAN HITUNGAN KE 20 SILAHKAN SEBUTKAN HAJAT YANG DIMAKSUD. INSYA ALLOH ASMA INI UNTUK MEMENUHI PERMOHONAN 40 HAJAT DUNIA DAN 40 HAJAT UKHROWI. BI IDZNILLAH. ALHAMDULILLAH ASMA INI TELAH DI TAJRIB OLEH PENULIS SENDIRI DAN SERING DIGUNAKAN UNTUK MEN-SYAREATI TAMU.